Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Anak-Anak Dan Balita





Manfaat Madu
Untuk Ibu Hamil, Anak-Anak Dan Balita
 
      Dilihat dari kandungan asam folatnya, madu sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Asam folat merupakan nutrien penting bagi pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat pada masa awal kehamilan dapat menyebabkan bayi yang lahir beresiko besar mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf. Madu yang diberikan kepada bayi yang telah makan dan minum selain ASI, dapat memacu pertumbuhan sel darah merah dan otaknya. Madu juga baik bagi pertumbuhan gigi bayi. Karena, madu mengandung antibiotika yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk.
       Menjaga kekuatan enamel dan dentin. Madu bermanfaat juga untuk obat turun panas, mengurangi rasa mual, gangguan pencernaan, mencegah radang usus besar, sariawan, gatal-gatal, gigitan serangga
Madu jelas memiliki peranan yang sangat baik bagi penunjang kesehatan anak-anak; termasuk untuk ditambahkan dalam menu makanan bayi, yakni dengan dicampurkan dalam susu atau makanan tambahan lainnya.
     Hal ini bukan saja karena madu mengandung zat besi, dimana pada air susu ibu (ASI) dan pada susu sapi pada umumnya zat besinya memang masih sedikit; akan tetapi juga karena kadar gula atau levulosanya yang tinggi, mudah diserap usus bersama zat-zat organik yang lainnya. Dengan begitu madu dapat pula berperan sebagai stimulan bagi pencernaan dan sekaligus memperbaiki nafsu makan. Dan juga karena didalam madu terdapat Asam folat yakni zat yang banyak pengaruh atau bermanfaat bagi perkembangan anak-anak yang sedang tumbuh, karena dapat memperbaiki susunan darah; meningkatkan kadar eritrosit serta kandungan hemoglobin.
     Dengan adanya peningkatan hemoglobin itulah yang disebut sangat bermanfaat, bahkan sangat diperlukan oleh anak-anak yang sedang tumbuh, juga oleh orang-orang yang sedang kurang sehat dan juga oleh yang sedang terbaring sakit.
      Madu juga adalah jenis pemanis yang paling menonjol, sebagian besar bayi bisa menerimanya. Madu juga mengandung mineral-mineral yang dikandung susu dan juga sejumlah kecil protein. Madu memiliki daya anti septik dan efek laksatif ringan. Madu juga memiliki aroma yang enak dan meningkatkan selera. Faktor utamanya adalah bahwa madu mengandung mineral-mineral yang diperlukan untuk tubuh bayi.
     Para orangtua juga dianjurkan agar sebaiknya memberikan madu untuk anak-anaknya tak lebih dari 30 gram, yaitu satu sendok makan tiap hari. Sebab walaupun madu disebut banyak manfaat dan khasiatnya dan tanpa efek samping; tetapi kalau terlalu banyak mengkonsumsinya bisa saja mengakibatkan timbulnya gangguan fungsional pada pangkreas dan insulin. Bahkan untuk pengobatanpun madu sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk larutan dalam air supaya komponen-komponenya lebih mudah diserap ke dalam pembuluh darah. (***)

Share this post :